Friday, July 9, 2010

FAO BERIKAN AKSES DATA STATISTIK GRATIS

Dalam Siaran persnya tertanggal 9 Juli 2010 hari ini, FAO menyatakan bahwa sekarang FAO memberikan akses data statistik gratis melalui FAOSTAT kepada setiap orang, sementara dahulu seseorang dapat mengakses data melalui FAOSTAT ini secara gratis hanya untuk data tertentu dan jumlahnya terbatas.

Sebagai informasi FAOSTAT merupakan database statistik terlengkap di dunia tentang pangan, pertanian (termasuk peternakan, kehutanan, dan perikanan), dan kelaparan yang mencakup 210 negara dan wilayah, dengan lebih dari 1 juta data.

Menurut Mr. Hafez Ghanem, Asisten Dirjen FAO yang membawahi Pembangunan Sosial dan Ekonomi, pemberian kebebasan dalam mengakses data statistik yang dipunyai FAO ini sangat penting sebagai alat untuk memerangi kemiskinan, mempromosikan pembangunan berkelanjutan, dan mengilangkan kelaparan. Mr. Ghanem berharap para ahli ekonomi, perencana, dan pembuat kebijakan di seluruh dunia akan menggunakan data yang ada dengan baik.

Sementara Pietro Gennari, Direktur Devisi Statistik FAO mengatakan: “FAOSTAT merupakan alat yang sangat bermanfaat untuk melihat dimana kelaparan terjadi, memahami kenapa terjadi kelaparan, dan apa yang mungkin perlu dilakukan untuk menanggulangi kelaparan tersebut”.

Secara umum FAOSTAT memuat data antara lain tentang produksi pertanian dan pangan, penggunaan pupuk dan pestisida, pengapalan bantuan pangan, produksi kehutanan dan perikanan, irigasi dan penggunaan air, penggunaan lahan, trend pupulasi penduduk dunia, perdagangan produk pertanian, penggunaan mesin pertanian (mekanisasi pertanian) dan lain sebagainya.

FAOSTAT menyajikan data dalam tiga bahasa yaitu Inggris, Prancis, dan Spanyol, dalam bentuk tabel, grafik, dan dapat diunduh dalam format program Excel. Cara mengaksesnya sangat mudah dengan memasukkan kata kunci FAOSTAT maka pengakses akan masuk ke websitenya dan dapat memilih akses yang diinginkan.

No comments:

Ein schoenes Lied

Noch einen schoenes Lied